The Rock Uji Nyali dengan jubah barunya

Road To Bolali CUP

Aksi The Rock saat diatas gantangan

HPONews-Semarang, sebagai salah satu burung kacer papan atas, nama The Rock mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga rekan pecinta hitam putih. Burung milik Mr. Bambang Honda-SPI Bojonegoro  dengan segudang prestasi mentereng ini selalu menjadi buah bibir disetiap aksinya. Burung idaman para kacer mania dengan ciri khas permainan roll speed rapat dibalut tonjolan irama lagu yang kasar, nagen di satu titik selalu menjadi tontonan menarik setiap kali The Rock tampil berlaga.

Mungkin banyak rekan Kacer mania bertanya-tanya dengan pola rawatan yang diberikan untuk The Rock setiap harinya. Dengan penampilan selalu konsisten setiap kali diturunkan berlomba, bukan hanya satu sesi tetapi bisa 3 sesi The Rock mampu tampil konsisten disetiap lombanya. Untuk perawatan The Rock Mr. Bambang Honda mempercayakan rawatan harian maupun lomba diasuh oleh mas Wawan yang notabene sudah merawat The Rock hampir 3 tahun belakangan ini.

Tidak mudah untuk mempersiapkan The Rock dalam setiap kali turun berlomba, butuh ketelatenan dalam merawat The Rock setiap harinya. Yang dimaksud telaten  ialah kita harus konsisten dalam merawat harian, mulai dari menjemur, mandi memberikan pakan. Apabila kita menggunakan metode pengembunan, harus setiap saat diembun dengan waktu yang sama. Mandi menjadi hal krusial untuk meredam birahi, disamping pemberian pakan jangrik dan kroto. Asupan nutrisi yang diberikan juga harus diperhatikan dengan seksama, pemberian voer yang baik akan meningkatkan stamina saat berlomba.

Mr. Wawan (tengah) bersama crew SPI Bojonegoro

The Rock yang baru tampil beberapa kali semenjak turun bulu atau mabung, mulai menunjukkan grafik menanjak, awal bermain di gelaran BnR kampung Ulu Magelang dengan torehan juara 2 dan 4 terbaru digelaran Road to Bolali Cup 2 dengan torehan nyaris hatrik 1,1,2. Penampilan yang konsisten didapatkan dari pola asuh yang konsisten. Mr. Wawan sebagai pengasuh sangat telaten dalam merawat The Rock, aktifitas merawat The Rock dimulai sejak pukul 5 pagi dengan mengembun The Rock diteras rumah, kurang lebih selama 1 jam The Rock diembun sehabis itu dimasukkan ke kandang umbaran dan dibiarkan sampai The Rock mandi didalam umbaran.

Setelah selesai mandi didalam umbaran, The Rock diberikan jangkrik 5 ekor dan diangin-anginkan agar bulu The Rock menjadi kering. Setelah 20-30 menit diangin-anginkan The Rock diberikan  voer dan air minum lanjut The Rock dikerodong total, untuk The Rock Mas Wawan mempercayakan voer Twister sebagai asupan penambah energi untuk pendongkrak stamina The Rock diatas gantangan. Pemberian voer Twister  Gold sudah diberikan sejak 2 tahun lalu, ada perubahan signifikan semenjak diberikan voer Twister Gold sebagai asupan nutrisi.

Dimasa mabung rontok bulu lebih cepat, masa pemulihan menjadi mudah dikarenakan mabung yang dialami The Rock sangat sempurna, tidak ada kendala seperti mabung tahun lalu dimana The Rock terlihat susah untuk mabung. “alhamdulillah mabung sekarang lebih cepat ambrolnya”. Ucap Mr. Wawan.

Selain The Rock, Twister SPI dan Predator menjadi asuhan Mas Wawan. Merawat burung super fighter disatu rumah tidak menjadi kendala bagi mas Wawan dalam merawat ke 3 gacoan dari Mr. Bambang Honda ini. Pengaturan dalam menaruh ke 3 burung ini menjadi kunci dalam merawat harian. Setiap burung ditaruh ditempat berbeda tidak dijadikan satu dan diberikan burung pemaster sebagai pendamping.

Duet The Rock Vs Murai Twister SPI

Cukup terkuras tenaga dan pikiran Mr. Wawan dalam merawat Twister SPI. Semenjak ditake over 2 tahun lalu, Twister SPI sempat macet tidak mau bekerja seperti dahulu kala. Berkat ketelatenan Mr. Wawan dalam merawat,  akhirnya setelah 1 tahun Twister SPI mulai menunjukkan kinerja yang menawan. Memasuki masa mabung, Twister SPI kali ini pun tidak mengalami kendala seperti tahun yang lalu, sudah hampir 1 bulan Twister SPI terlihat normal memasuki masa mabungnya.

Perubahan tempat, menjadi salah satu kendala bagi burung-burung pasca take over maupun waktu kita baru membeli dari pasar. Biasanya burung akan stres karena dengan kondisi suasana tempat yang baru, perlu perawatan ekstra untuk mengkondisikan burung tersebut. Untuk burung Stres Mr. Wawan memberikan Voer Twister Anti Stress dan ekstra fooding yang berlebih agar burung cepat beradaptasi dengan suasana yang baru. Setelah burung mapan Mr. Wawan mengganti Voer Twister Anti Stress dengan Twister Gold agar burung lebih lincah dan rajin berbunyi.

Untuk seting harian The Rock, Twister SPI dan Predator pemberian jangkrik hanya 5 ekor pagi dan 5 ekor sore hari, burung selalu full krodong setiap harinya. Pemberian ekstra fooding seperti kroto segar diberikan 2 hari sekali sebanyak 1 sendok makan, penggantian voer dan air minum selalu diberikan dipagi hari saat burung didalam umbaran sekaligus membersihkan kandang. Umbar pengembunan dilakukan setiap hari dari senin hingga kamis, hari jumat dan sabtu burung diistirahatkan agar dihari minggu siap untuk bertarung diatas gantangan.

Persiapan lomba hanya menaikkan jangkrik 2 kali lipat dari biasanya pemberian H-1, untuk mandi dilihat dari kondisi burung yang ingin dilombakan. Pemberian jangkrik Kembali normal seperti harian dan diberi colokan ulat hongkong sebanyak 5 ekor beberapa sesi sebelum naik gantang.  Setelah turun dari gantang diberikan jangkrik 2 sampai 5 ekor.

Semoga tips ini bisa berguna bagi rekan kicau mania dirumah agar gacoannya mampu tampil top perform saat diatas gantangan dan mendulang prestasi.

Aksi Twister SPI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.