Peternak Murai Batu Gaek Yang selalu Konsisten Dengan Kualitas. Kisah Awal Mula Menjadi Peternak tertuang Dalam Video.

SWD BF Klaten

Abah Suwadi Memakai Kaos Hitam

HPONews-Klaten, boleh dibilang Abah Suwadi merupakan pionir breeder murai batu dikota Klaten, sebagai salah satu penggiat konservasi yang sudah ditekuninya selama 19 tahun terakhir. Tentunya sudah banyak pengalaman yang tidak terhitung dalam menggeluti dunia breeding murai batu. Mengenal sosoknya yang bersahaja, ramah serta enak untuk diminta saran serta ilmu tentang siekor Panjang. Membuat sosok abah Suwadi menjadi panutan para rekan kicau mania yang ingin terjun menggeluti dunia breeding.

Keunikan dari SWD BF Klaten adalah, menciptakan trah berkualitas dengan cara menyilangan berbagai jenis murai batu sehingga dihasilkan trotolan yang bagus. Dengan menyilangkan jenis murai batu asal lampung, Bengkulu hingga Medan sehingga dihasilkan trotolan berbadan seri F. Yang dimaksud dengan seri F ialah trotolan memiliki badan besar, bersuara lantang yang merupakan tren masa kini incaran para kicau mania.

Jebolan kandang SWD BF Klaten menjadi idaman bagi murai mania dari berbagai lintas  blok , banyak yang mengakui kualitas trotolan yang dihasilkan  dari tangan dingin Abah Suwadi ini. Sebagai salah satu tokoh didunia perburungan asal kota Klaten, Abah Suwadi selalu memperhatikan kualitas trotolan yang dihasilkannya. Para kicau mania harus rela menunggu bila ingin memiliki hasil kebun SWD BF.

19 tahun bergelut didunia breeding membuat feeling Abah Suwadi kian kritis dengan spek indukan berkualitas. Berburu calon-calon indukan kerap kali dilakukan untuk meregenerasi indukan yang dimiliki, tidak ada kriteria khusus yang dicari oleh Abah Suwadi dalam menentukan calon indukan. Bila menurut katuranggan mungkin tidak ada yang 100% sempurna, namun Abah Suwadi mempunyai penilaian tersendiri akan calon indukan yang akan diburunya.

Meski terbilang senior di dunia breeding murai batu tidak lantas membuat Abah Suwadi puas diri, dengan memiliki 6 kandang produktif SWD BF selalu siap menghadirkan trotolan berkualitas untuk murai mania dinusantara. Dengan pola perawatan yang maksimal dilakukan tiap hari membuat indukan dan trotolan menjadi berkualitas baik.

Ritual rawatan dikandang ternak dilakukan sejak pagi hari dimulai sejak pukul 5 pagi, perawatan dimulai dengan mengganti pakan voer  dan minuman. Kandang harus selalu dibersihkan setiap hari, pemberian jangkrik dan ulat kandang diberikan dalam wadah besar agar ketersediaan pakan selalu tersedia. Wadah cepuk mandi selalu dipenuhi air agar indukan bisa leluasa mandi. Kebutuhan nutrisi dijaga agar indukan terjaga kesehatannya dan mampu  menghasilkan keturunan trotolan yang sehat. Abah Suwadi memberikan voer Twister untuk memenuhi kebutuhan nutrisi para indukan dan trotolan.

Bukan tanpa sebab Abah Suwadi memberikan voer Twister untuk kebutuhan nutrisi indukan dan trotolan. Voer Twister dinilai mencukupi apa yang menjadi kebutuhan dapur nutrisi bagi para indukan dan trotolan asuhan SWD BF Klaten. Meski terbilang baru mengenal produk Twister Abah Suwadi dengan tegas menggunakan voer Twister sebagai pelengkap nutrisi harian bagi sang momongan. (HPONews)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *